Aurora Muncul Saat Titanic Tenggelam

Aurora cemerlang berkilauan di langit Samudra Atlantik utara pada 15 April 1912 – malam waktu RMS Titanic terbenam. Keelokan itu sedang menjadi pembicaraan belakangan ini, sebab dipandang seperti tanda-tanda bencana gagalnya bahtera super eksklusif itu.

Riset baru, seperti diambil dari Live Science, Rabu (23/9/2020), menyaratkan badai geomagnetik di belakang northern lights atau sinar utara yang diketahui untuk aurora bisa mengganggu skema navigasi serta komunikasi kapal serta menghalangi usaha pengamanan, menyebabkan musibah yang tewaskan lebih dari 1.500 penumpang.

Penampakan aurora konon dibetulkan beberapa saksi mata tragedi itu, mereka memvisualisasikan aurora cemerlang di daerah itu waktu Titanic terbenam.

“Sinar utara benar-benar kuat malam itu,” kesaksian Mila Zinkova, seorang periset cuaca serta photografer berdiri sendiri, dalam satu studi baru yang diedarkan online 4 Agustus di Jurnal Weather.

Aurora tercipta dari badai matahari, saat matahari keluarkan saluran gas elektrifikasi berkecepatan tinggi yang melaju ke arah Bumi.

Menurut Tubuh Antariksa AS itu, pPartikel bermuatan itu dapat mengganggu signal listrik serta magnet, mengakibatkan kenaikan serta osilasi.

Serta masalah kecil kemungkinan cukup untuk merusak kapal itu,” kata Zinkova dalam riset itu.

Serta aurora itu benar-benar nampak waktu Titanic terbenam.

 

Lima jam selanjutnya, Bisset menulis dia masih dapat lihat “cahaya kehijauan” aurora waktu Carpathia dekati sekoci Titanic, Zinkova memberikan laporan.

Beberapa korban selamat memvisualisasikan lihat aurora dari sekoci mereka seputar jam 03.00 pagi waktu ditempat.

“Sinar itu meliuk melewati langit utara, dengan garis kabur capai bintang Kutub,” catat Lawrence Beesley, korban selamat dari Titanic.

Di saat yang serupa, saat partikel bermuatan badai matahari membuahkan atraksi sinar yang cantik, mereka dapat juga menarik kompas Titanic.

“Tetapi, di saat mereka mempunyai pengetahuan yang tidak komplet mengenai impak badai geomagnetik pada ionosfer serta masalah komunikasi.  Signal SOS oleh kapal di dekatnya, dan masalah dari operator radio pemula. ”

Tetapi sesaat kepopuleran kapalnya tidak menyusut, bangkai kapal tersebut secara cepat hancur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.