Hadapi Anak yang Selalu Merasa Benar

Dalam proses tumbuh kembangnya, terkadang beberapa anak berasa jika ia paham segala hal. Hingga membuat bersikukuh jika apakah yang dilakukan betul, serta ngotot waktu dikoreksi oleh orang di sekelilingnya.

Serta, seringkali beberapa anak turut mengomentari tindakan Ayah serta Bunda di dalam rumah. Wah, hadapi rasa ‘sok tahu’ anak semacam ini harus bagaimana ya, Bunda?

“Mempunyai anak yang tetap menduga Anda salah ialah hal yang umum,” kata dokter anak serta penulis Dr. Claudia Gold, yang disebut ahli kesehatan mental bayi. “Tergantung pada derajatnya, itu ialah kejadian perubahan normal.”

Dia memberi pesan pada orang tua untuk mengabaikannya serta tidak berkelahi dengan beberapa anak, karena hanya berasa orang tuanya tetap salah. Sikap menyebalkan itu kemungkinan hilang sendirinya bersamaan dengan kematangan umur anak.

“Apakah yang perlu disaksikan bertambah dekat ialah saat anak memikir jika semuanya yang dilaksanakan atau disebutkan orangtua mereka salah, mengakibatkan permasalahan dalam keluarga serta saat sikap itu nampaknya betul-betul memencet tombol orangtua, kata Gold.

sebab saat suatu hal yang perlu tiba, Anda ingin pastikan mereka berasa bebas untuk sampaikannya ke Anda,” katanya.

Pada umur balita anak ada di babak sok tahu, demikian diutarakan psikolog anak serta remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi. Kata Ratih, sok tahu ialah babak perubahan anak yang lumrah.

“Toddler memang lagi sok tahu, sok dapat, sok tahu serta jika dibantuin justru geram-marah. Itu seperti begitu, ia lagi mainkan peranannya untuk toddler,” tutur Ratih beberapa lalu.

Ratih merekomendasikan supaya orangtua memberikannya peluang untuk lakukan suatu hal sendiri, hingga kemudian ia juga menyerah. Jika yang dilaksanakan anak salah, bagusnya jauhi katakan apakah yang dilaksanakan anak salah, Bun. Lho, mengapa?

Saat pada awal balita telah dipastikan salah, dengan cara tidak langsung kita mengadili ia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.