Pedoman Pemberian MPASI

Menu MPASI sekarang bukan lagi ikuti ide 4 sehat 5 prima lho. Semenjak 2014, menu MPASI 4 bintang diputuskan untuk Dasar Gizi Setimbang (PGS). Walau telah enam tahu berlalu, beberapa warga Indonesia rupanya belum berubah ke ide baru ini, Bunda.

Ahli nutrisi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., menjelaskan jika bukti di atas lapangan, masih ada ibu yang tidak pahami tentang menu MPASI 4 bintang.

telah dikeluarkan direktorat gizi, menu empat bintang. Menu empat bintang terbagi dalam karbohidrat, protein, kacang-kacangan, sayur atau buah,” kata Rita.

Apa perbedaannya? Mencuplik situs sah Kementerian Kesehatan RI, beberapa ada yang jadi pembeda di antara 4 sehat 5 prima dengan PGS. Pertama, penekanan pesan.

Sekarang ini, susu dipandang bukan lagi penyempurna.  Jadi contohnya sang kecil minum susu sapi itu tidak dapat dibuat penyempurna ya, Bunda.

Nah, menu MPASI yang saat ini digunakan ini ialah menu 4 bintang, yang berdasar PGS. Jadi konsepnya, apakah yang dikonsumsi anak ialah menu yang sama juga dengan keluarga, cuman struktur yang memperbedakan sesuai dengan umur.

Mencuplik Dasar Kemenkes 2014, menu MPASI 4 bintang ini bukanlah sebatas nama, tetapi ada penuturannya, Bunda. Menu Pertama yakni satu bintang, formasnyai makanan inti seperti nasi, jagung, sorgum, ubi. Ke-2 yakni dua bintang, formasnyai sumber vitamin A, buah, serta sayur.

menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), buah berbeda dengan juice buah. Juice memiliki kandungan gula dalam lumayan banyak.

“Serta mengonsumsi juice buah membuat anak kenyang hingga tidak berselera waktu jam makan datang. Beri buah potong untuk alternatif juice,” catat IDAI dalam booklet Dasar Pemberian MPASI.

Ke-3 yakni tiga bintang, formasnyai kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, kacang tanah. Lantas paling akhir, empat bintang formasnyai sumber hewani yakni daging ayam, sapi, ikan, ati, susu.

Mudah-mudahan info mengenai menu MPASI 4 bintang barusan jelas serta bisa dimengerti ya, Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.