Pemerintah Dorong Pertumbuhan Perusahaan

Pemerintah menggerakkan perkembangan perusahaan rintisan serta adopsi tehnologi untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Masalahnya salah satunya usaha tingkatkan perkembangan ekonomi dengan membuat iklim kewirausahaan yang lebih bagus termasuk juga menggerakkan perkembangan perusahaan rintisan dari rasio usaha mikro.

“Kami menyongsong baik loyalitas Grab Indonesia dalam mengadakan Grab Ventures Velocity untuk pekerjaan tahunan di Indonesia dalam memberikan dukungan ekosistem perusahaan rintisan,” tutur Menteri Koordinator Bagian Perekonomian Airlangga Hartarto waktu memberi sambutan dalam peresmian Kelulusan Finalis Grab Venture Velocity (GVV) Angkatan III, Kamis (01/10/2020).

Peningkatan ekosistem kewirausahaan, lanjut Airlangga, sepantasnya memakai pendekatan Penta Helix (ABCGM) yang menyertakan Akademisi, Bagian Usaha, Komune, Pemerintah, serta Media. Peningkatan ekosistem kewirausahaan perlu dibantu dengan kenaikan ekosistem digital terutamanya buat Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah (UMKM).

Dalam ini, kerjasama di antara pemerintah, aktor ekonomi digital, industri, serta akademisi benar-benar diperlukan untuk mendapatkan pilihan jalan keluar yang paling baik dalam mengakselerasi peningkatan ekonomi digital serta transformasi digital di Indonesia.

Ditambah lagi, andil UMKM pada perekonomian Indonesia lumayan besar, yakni: 97 % berperan pada resapan tenaga kerja; 60,42 % berperan pada investasi; dan 14,37 % berperan pada export.

Tindak lanjuti beberapa efek epidemi Covid-19 pada UMKM, Pemerintah sudah mengeluarkan kebijaksanaan rangsangan UMKM buat memperkokoh serta mendayagunakan UMKM. Pemerintah terus memberi suport penambahan ke UMKM lewat kebijaksanaan Credit Usaha Rakyat (KUR) spesial selama saat epidemi. “Untuk usaha tingkatkan kekuatan usaha serta marketing produk UMKM, Pemerintah sudah mengeluarkan Pergerakan Nasional Bangga Bikinan Indonesia (Gernas BBI),” katanya.

Diakhir sambutannya, Menko Airlangga menghargai Grab Indonesia atas GVV ini. Program ini diinginkan jadi contoh buat basis digital yang lain untuk bersinergi bersama-sama Pemerintah dalam menyukseskan peningkatan ekonomi nasional.

Keterpaksaan seringkali jadi penyebab pengembangan. Ini pepatah lama yang sekarang jadi fakta buat juta-an masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan baru sesudah di-PHK waktu PSBB. Termasuk juga mereka yang di-PHK usaha tehnologi rintisan, yang berdasar laporan th…

Leave a Reply

Your email address will not be published.