Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Menyiapkan dana pendidikan anak semenjak awal adalah salah satu perihal yang perlu diingat tiap orangtua. Lantas bagaimana sebetulnya cara pas dalam menyiapkan dana pendidikan itu?

1. Dialog dengan pasangan Dialog dengan pasangan adalah salah satu perihal yang perlu dikerjakan sebelum mempersiapkan dana pendidikan anak, Bunda. Contohnya, menyepakati dulu ingin punyai anak berapakah serta kapan.

“Walau tidak seutuhnya kita dapat mengatur itu kan terserah Tuhan, tetapi kita dapat berencana. Hingga kita ketahui persiapan mental semacam apa, persiapan finansial semacam apa,” kata Emi.

Lantas menyepakati juga skema pendidikan semacam apa yang ingin diaplikasikan pada anak. Contohnya, ingin pilih sekolah konservatif atau homeschooling serta yang lain.

2. Kalkulasi keperluan dana pendidikan anak untuk tiap tahap Sebelum hitung kita perlu memutuskan yang namanya arah finansial, Bunda. Kata Emi, salah satunya ide arah finansial itu harus dibikin detil. Ada tiga elemen yang dapat Bunda dalami, yang pertama ialah judul, ke-2 periode waktu, serta ke-3 nilai.

“Nilai hari esok yang telah mempertimbangkan inflasi ini yang menjadi sasaran.

Selanjutnya Emi menjelaskan, dana Rp25 juta itu baru penghitungan untuk SD, Bunda. Berarti, dana itu belum termasuk juga dana pendidikan, SMP, SMA, sampai kuliah. Disamping itu, belum termasuk juga dengan hitungan jumlah anak.

“Hitung keperluan dana pendidikan anak itu ialah KB paling efisien, sebab jadi mikir sekali jika ingin nambah anak,” kata Emi.

Emi menerangkan jika baiknya dana pendidikan itu disediakan waktu masih waktu kehamilan. Jadi semasa kehamilan, ada dua dana yang perlu disediakan, yaitu dana melahirkan serta dana pendidikan anak.

3. Cek kekuatan finansial Ada lima pos pengeluaran bulanan yang perlu jadi perhatian, Bunda, yaitu angsuran utang, pengeluaran teratur (rumah tangga, transportasi, kesehatan serta lainnya), menabung/investasi, dana sosial (zakat, sedekah, acara, serta lainnya), serta dana pribadi atau lifestyle.

Leave a Reply

Your email address will not be published.